Ads 468x60px

Labels

Monday, May 27, 2013

Pelatihan Fardhu Kifayah Penyelenggaraan Jenazah


Alhamdulillaah, Sabtu lalu, bersama peserta pengajian BKMT Kecamatan Sekadau Hilir dan Aisyiyah, Pimpinan Daerah Salimah Kabupaten Sekadau, mengikuti Pelatihan Fardhu Kifayah, Penyelenggaraan Jenazah. This is my very first time ikut pelatihan penyelenggaraan jenazah, and really such a great dzikrul maut.

Kematian, yang datangnya tidak bisa kita jemput, tak bisa pula kita undang, adalah sebuah rahasia ilahi yang datangnya pasti, sebagaimana Allah firmankan dalam QS Al Anbiya: 35 "Kullu nafsin dzaa iqotul mauut", tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati. Which means, saat ini sadar atau tidak, kita sedang mengantri, menanti Allah memanggil kita untuk kembali. Maka, sudahkah kita bersiap-siap?


Di pelatihan penyelenggaraan jenazah inilah, para peserta pelatihan diajak oleh ibu Ida Jumiati selaku pemateri, untuk bersiap-siap, baik menghadapi kematian kita sendiri serta kematian orang-orang terdekat kita. 


Pada sesi teori pelatihan, kami diberikan beragam ilmu yang berkaitan dengan kematian, antara lain tentang kewajiban-kewajiban muslim terhadap muslim lainnya, adab dan doa ketika menjenguk orang sakit, ciri-ciri husnul khatimah (wafat dengan akhir yang baik), sampai dengan teori penyelenggaraan jenazah. 

Setelah teori, diberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada para peserta pelatihan, dan ada banyak pertanyaan-pertanyaan bagus yang menambah ilmu kami agar ke depan tak ada lagi bid'ah dan khurafat terkait penyelenggaraan jenazah.

Peserta pelatihan, dengan beragam usia dan latar belakang

Peserta pelatihan

Selepas shalat dzuhur dan makan siang, acara dilanjutkan dengan praktek penyelenggaraan jenazah. Berhubung tidak tersedia boneka peraga yang akan dijadikan mayit, maka ibu ketua Pimpinan Daerah Salimah Kabupaten Sekadau menyediakan dirinya menjadi jenazah yang akan dimandikan dan dikafani.

Persiapan kain kafan sebelum jenazah dimandikan
Proses memandikan jenazah
Proses memandikan jenazah
Proses mengafani jenazah
Proses mengafani jenazah
Selesai dikafankan
Praktek Shalat Jenazah
Alhamdulillaah, kegiatan ini berlangsung lancar sampai dengan selesai.

Semoga ilmu yang telah kami dapatkan melalui pelatihan ini menambah keimanan kami kepada Allah, memperkuat kesungguhan kami dalam mempersiapkan bekal sebelum tiba saatnya kematian. Aamiin ya rabb.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anti, yaa ukhti :)

 

Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Kalender Hijriyah

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

 
Blogger Templates